Entri Populer

Kamis, 28 November 2013

PEMILU



Pendapat saya tentang PEMILU

Pemilu adalah suatu proses di mana para pemilih memilih orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Sistem pemilu digunakan adalah asas luber dan jurdil. Dalam Pemilu, para pemilih dalam Pemilu juga disebut konstituen, dan kepada merekalah para peserta Pemilumenawarkan janji-janji dan program-programnya pada masa kampanye.

Pemilu juga merupakan suatu ciri dari negara yang demokratis. Karena dengan adanya pemilu disini rakyat bebas untuk memilih siapa yang akan jadi pemimpin di negara ini. pemilu hanya bisa diikuti oleh masyarakat yang sudah mempunyai KTP, karena KTP adalah sebagai identitas mayarakat yang resmi dan terdaftar di negara Indonesia.

Arti penting dari pemilu yaitu :
1.       untuk medukung atau mengubah personil dalam lembaga legislatif.
2.      Membentuk dukungan yang mayoritas rakyat dalam menentukan pemegang kekuasaan eksekutif untuk jangka waktu tertentu.
3.      Rakyat melalui perwakilannya secara berkala dapat mngoreksi atau mengawasi kekuatan eksekutif.

Tujuan pemilihan umum :
1.      Melaksanakan kedaulatan rakyat
2.      Sebagai perwujudan hak asas politik rakyat
3.      Untuk memilih wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga legislatif serta memilih presiden dan wakil presiden.
4.      Melaksanakan pergantian personil pemerintahan secara aman, damai, dam tertib.
5.      Menjami kesinambungan pembangunan nasional.  

Menurut saya pemilu di indonesia saat ini masih belum berjalan dengan baik, karena masih banyak terdapat kecurangan-kecurangan di dalam pemilu tersebut. Terutama pada saat kampanye, pada saat kampanye disitu calon-calon legislatif atau calon-calon yang lainnya suka bermain curang. Akibatnya akan menjadikan pemilu yang tidak baik dan menjadi pemilu yang kotor. Contohnya, pada saat kampanye para calon-calon tersebut akan memberikan uang kepada masyarakat agar semua masyarakat yang diberinya uang akan memilih dia sebagai pemenang. Itu sama saja seperti mereka membeli suara-suara yang ada dimasyarakat. Perbuatan seperti tersebut sangat tidak baik untuk ditiru, karena perbuatan-perbuatan seperti itu hanya akan membuat nama pemilu menjadi kotor dan dan tidak berbobot. Jika setiap kampanye para calon tersebut melakukan hal-hal seperti itu maka calon yang paling banyak mengeluarkan uang dan dialah yang akan menjadi menang didalam pemilu tersebut. Disinilah pemerintahan Indonesia harus tegas mengambil keputusan tentang hal itu. Jika perlu buat sekalian Undang-undang tentang tata cara kampanye dan perbuatan apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam kampanye tersebut. Jika ada yang melanggar dari peraturan tersebut berilah mereka sanksi yang seberat-beratnya agar mereka kapok dan tidak mau untuk mengulanginya lagi.

Di pemilu 2014 nanti semoga kejadian-keajadian yang seperti itu sudah tidak ada lagi. Agar pemilu 2014 nanti akan berjalan dengan lancar dan bersih. Semoga di pemilu tahun depan kita akan mendapatkan pemimpin yang lebih baik dari pemimpin yang sebelumnya, agar negara Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi dan kalau bisa Indonesia menjadi negara yang maju. Demikian pendapat saya tentang pemilu. Terimakasih..


0 komentar:

Posting Komentar