Entri Populer

Kamis, 17 Oktober 2013

tugas diri sebagai individu, keluarga, dan masyarakat


Tugas Diri Sebagai Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Asaalamualaikum Wr.Wb

Kali ini saya akan membahas tentang tugas diri saya sebagai individu, keluarga, dan masyarakat. Sebelumnya saya mau mendeskripsikan tentang manusia sebagai mahluk sosial. Kita sebagai manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.

Yang pertama tugas diri sebagai individu

Kita sebagai individu pasti mempunyai kepibadian yang berbeda dengan orang lain, karena kepribadianlah yang akan membedakan diri kita dengan orang lain. Kepribadian adalah suatu hal atau karakter seseorang yang tidak dipunyai oleh orang lain. Oleh sebab itu kita harus mempunyai kepribadian yang baik,santun serta menghargai sesama. Tidak semua orang suka dengan kepribadian kita, maka itu kita harus menghindari sifat-sifat yang tidak sukai oleh mereka jika kita ingin mempunyaikepribadian yang lebih baik.

Yang kedua tugas diri didalam keluarga
 
     Keluarga adalah suatu hal yang paling berharga buat saya tidak ada suatu hal apapun yang bisa menggatikan peranan keluarga dalam hidup saya. Di dalam keluarga, saya mencoba untuk menjadi seseorang yang berguna dan menjadi seseorang yang penting di dalam keluarga. Orangtua adalah hal yang paling penting di dalam keluarga karena tanpa adanya orangtua saya pun tak akan berada didunia ini. Oleh karena itu satu hal yang saya ingin lakukan adalah mebuat bangga kedua orangtua saya dan menjadi hal berarti didalam keluarga tersebut. 

Yang terakhir tugas diri didalam masyarakat
     
      Masyarakat adalah sekumpulan orang yang telah memiliki hukum adat, norma-norma dan berbagai peraturan yang siap untuk ditaati. Didalam masyrakat kita harus bisa menghargai satu sama lain karena jika tidak, jangan harap lingkungan sekitar kalian dapat menghormati atau menghargai diri kalian. Didalam masyarakat, saya mencoba untuk menjadi pribadi yang sederhana dan dapat menhormati satu sama lain. karena dengan begitu saya berharap orang-orang yang berteman dengan saya dapat menghormati dan menghargai kepribadian saya.

Mungkin cuma itu tugas-tugas diri saya di dalam individu, keluarga, dan masyarakat. Jika ada yang tidak berkenan saya minta maaf atas kata-kata saya. Saya harap postingan saya kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih yaa.

0 komentar:

Posting Komentar