Entri Populer

Minggu, 28 September 2014

revolusi komputer

Assalamualaikum wr.wb

pada postingan kali saya akan membahas tentang sejarah dan revolusi komputer dari sebelum generasi pertama sampai dengan generasi yang sekarang yaitu ke generasi yang ke lima.

pada awal dan dasarnya komputer adalah sekelompok alat  yang hanya digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. pada saat itu, komputer pertama yang ada dan digunakan adalah sempoa yang berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dasar. sempoa atau nama lainnya yang disebut abacus merupakan awal dari lahirnya sebuah komputer. sebuah komputer dalam melakukan sebuah prosesnya berbentuk elektronik, yang dimaksud dengan bentuk eletronik adalah  suatu alat yang mungkin untuk melakukan perhitungan secara cepat dan akurat untuk mendapatkan hasil dari perhitungan tersebut. Sampai pada saat ini komputer tidak hanya mampu untuk mengerjakan perhitungan secara cepat melainkan hampir semua kegiatan yang ada pada dunia pekerjaan saat ini dapat dilakukan dan dikerjakan dengan mudah oleh sebuah user dengan menggunakan bantuan sebuah komputer. apalagi sekarang sudah banyak bermunculan software-software  yang semakin mempermudah pengguna komputer untuk melakukan pekerjaannya masing-masing, baik itu dalam hal mengolah kata, mengolah angka, mengedit gambar, dan sampai membuat suatu program untuk dijalankan dikomputer-komputer lain.

pada perkembangannya komputer sudah banyak sekali mengalami perubahan, sudah sebanyak 5 generasi yang mengikuti dalam perubahannya sejak tahun 1940. industri komputer telah mengalami empat generasi pengembangan ditandai dengan perubahan kecepatan pada implementasi pembuatan bloknya. yang awalnya dari tabung vakum, diode, dan sirkuit skala kecil dan skala medium yang diintegrasikan (SSI/MSI). pada skala besar dan skala yang sangat besar yang diintegrasikan (LSI/VLSI).

Perkembangan Komputer Generasi Pertama


pada genearasi ini awal mulanya tercipta komputer adalah akibat adanya perang dunia ke-2. dimana pada saat itu ilmuwan yang berasal dari jeman yang bernama Konrad Zuse, menciptakan sebuah komputer yang diberi nama dengan "K3" yang didesain khusus untuk membuat pesawat dan peluru kendali yang ada pada pesawat tersebut. dan tidak lama kemudian ilmuwan yang berasal dari inggris juga membuat sebuah komputer yang didesain khusus untuk memecahkan kode-kode sandi dari tentara jerman sehingga membuat sekutu menjadi menang akan jerman, dan komputer ini disebut dengan Colossus.

pada saat itu, seorang insinyur dari Harvard yang bernama Howard H. Aiken denga bekerja sama dengan IBM berhasil menciptakan kalkulator elektronik dengan ukuran yang sangat besar yang dibuat khusus untuk proyek US Navy dan diberi nama Mark I. tidak lama kemudian setalah nama Mark I muncul dikalangan komputer, kembali muncul sebuah komputer yang didesain lebih bagus dan lebih cepat seribu kali dibanding Mark I dan bersifat serba guna yang dibuat oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly yang diberi nama dengan Electronic Numerical Integrator And Computer atauyang kita kenal dengan sebutan (ENIAC). Tidak sampai disitu, pada pertengahan tahun 1940 kembali muncul sebuah komputer yang diciptakan oleh sekelompok ilmuwan yang berasal dari University of Pennsylvania dan John Von Neumann yang diberi nama dengan Electronic Discrete Variable Automatic Computer atau yang kita kenal dengan nama (EDVAC) yang rencananya komputer ini akan dapat digunakan hingga 40tahun kedepan.

Perkembangan Komputer Generasi Kedua


perkembangan komputer pada generasi kedua ini adalah ditandai dengan adanya penemuan resistor yang membuat komputer lebih cepat menyebar luas, karena ukurannya yang lebih kecil dan juga hanya membutuhkan tenaga listrik yang lebih rendah dalam menjalakannya. itu semua bisa terjadi akibat penemuan sebuah resistor yang ditemukannnya. pada saat itu beberapa produk yang menggunakan teknologi ini adalah komputer produksi IBM dengan memproduksi sebuah komputer yang diberi nama Strecth  dan perusahaan lain yang ikut memproduksi komputer dengan teknologi ini adalah  Spery-Rand yang diberi nama dengan LARC. penciptaan komputer tersebut dengan tujuan komersial sehingga produk tersebut lebih cepat menyebar ke kalangan masyarakat.

spesifikasi komputer pada generasi ini ditandai dengan menggunakan transistor untuk operasi internal, lalu telah menggunakan magnetic core (magnetic disk) sebagai media tempat penyimpanan internal utama dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yang berkisar dari 4K hingga 32Kbyte. pada komputer generasi ini juga I/O yang digunakan sudah lebih cepat karena menggunakan sebuah orientasi pita dan pada komputer generasi ini juga sudah ada software-software bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti COBOL, FORTRAN, dan ALGOL itulah bahasa pemrograman yang sudah ada pada generasi ini.

Perkembangan Komputer Generasi Ketiga


perkembangan komputer pada generasi ini sudah banyak terjadi peningkatan-peningkatan yang pesat, diantaranya adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar, program serbaguna yang mengerjakan tugas-tugas secara otomatis yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia. dan pada generasi ini sudah mulai menggunakan Integrated Circuit (IC) yang membuat ukuran komputer semakin mengecil sehingga sudah nyaman dan bersahabat sekali untuk digunakan.

Dan spesifikasi komputer pada generasi ini sudah semakin lebih baik dari generasi sebelumnya. semua itu ditandai dengan adanya penggunaan Integrated Circuit(IC), penggunaan magnetic core dan penyimpanan utama yang padat (32k-3mbyte), lalu sudah mempunyai I/O yang lebih fleksibel dan ukuran komputer yang semakin mengecil hingga membuat semakin penngguna nyaman dalam menggunakannya dan juga mempunyai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih luas. contoh komputer pada generasi ini adalah IBM 1401.

Perkembangan Komputer Generasi Keempat


perkembangan komputer pada generasi ini sudah semakin lebih baik dan baik lagi dari generasi yang sebelumnya. jika pada generasi sebelumnya kita sudah bisa menemukan sebuah teknologi penggunaan IC maka pada generasi ini para penemu sudah menemukan sesuatu yang jauh lebih baik dari teknologi IC penemuan teknologi ini diberin nama dengan Large Scale Integration (LSI) dimana dapat memuat ratusan komponen dalam hanya sebuah chip dan tidak lama kemudian kembali ilmuwan menemukan teknologi Very Large Scale Integration (VLSI) dimana yang memiliki kemampuan luar biasa untuk dapat memuat ribuan komponen hanya dalam sebuah chip tunggal.

spesifikasi pada komputer generasi ini sudah mempunyai kapasitas penyimpanan (> 3 Mbyte), sudah menggunakan large-scale integrated, kecanggihan I/O yang meningkat, dan sudah mempunyai kecepatan pemrosesan dari 100mips hingga 1bips atau jika kita perkirakan sekitar milyaran instruksi perdetik. dan pada komputer generasi ini sudah mempunyai banyak aplikasi seperti simulasi dan model matematika dan perancangan manufakturing. contoh komputer pada generasi ini adalah IBM S/34, IBM S/36, dan Cyber.

Perkembangan Komputer Generasi Kelima Hingga Sekarang


perkembangan komputer pada generasi ini sudah semakin canggih dan jauh lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya dimana komputer ini digunakan untuk memproses data non numeric seperti manipulasi symbol dan menggunakan intelegensi buatan (artificial inteligent). aplikasi sistem biasa seperti perhitungan sains akan berlanjut yang digunakan oleh super komputer pada generasi ini dengan menggunakn sistem database.

spesifikasi pada komputer ini sudah sangat memukau sekali para penggunanya. komputer ini terdiri dari hardware,software dan brainware. iya mungkin saya tidak perlu untuk menjabarkan apa saja komponen-komponen yang ada pada software dan hardware karena itu semua pasti sudah banyak sekali yang memosting tentang akan hal itu jadi silahkan seacrhing sendiri yaa hehe.

terimakasih sudah membaca artikel saya ini semoga bermanfaat untuk anda semua dan menambah ilmu pengetahuan anda tentang perkembangan sejarah generasi komputer. jadi nanti jika anda ditanya dengan orang lain anda dapat sedikit menjelaskannya hehehe terimakasih :D

Thanks for:
http://keongkartun.blogspot.com/2012/10/revolusi-komputer.html
http://dhitaaa.blogspot.com

http://tiqatrivena.blogspot.com

57 komentar:

  1. Terima kasih buat infonya ya, informasi yg anda berikan sangat membantu tugas saya

    BalasHapus
  2. Bagus postinganya bermanfaat bngt mksh

    BalasHapus
  3. mantap gan infonya buat nambah wawasan

    BalasHapus
  4. terima kasih postingannya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. thanks gan inpohnya, jdi lebih tau tentang generasi-generasi komputer :D

    BalasHapus
  6. Buat saya yang notabenenya mahasiswa baru dijurusan IT, artikelnya berguna banget.. thanks a lot gan!

    BalasHapus
  7. Nice article :) mau nanya ,pada generasi pertama,duluan mana yg beroperasi? ENIAC atau UNIVAC yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. numpang jawab ya,, kalau ga salan itu generasi pertamanya Generasi I (1944-1959)

      - ENIAC
      - EDVAC
      - EDSAC [electronic delayed storage automatic computer]
      - UNIVAC I
      sampai Generasi ke-2 (1959-1965)

      - IBM seri 1400
      - UNIVAC III
      - NCR Seri 304
      - CDC Model 6600 super dan 7600
      dan pas generasi ke 3 itu baru System IBM
      dan bila dibilang mana yg lebih dulu mungkin hanya perbedaan bulan atau hari..tapi yg saya tau hanya itu.. Sory kalau ada pengertian yg kurang..

      Hapus
    2. iya, kalau tidak salah yang lebih dulu beroperasi adalah eniac yang tidak lama kemudian baru disusul oleh univac..

      Hapus
  8. Nice info gan, coba dibuat lebih menarik lagi dong

    BalasHapus
  9. Bermanfaat infonya.. dan sangat membantu.. jgn lp kunjungi kami di :
    http://pancaindrayana.blogspot.com
    http://pancazulkarnain.blogspot.com/
    http://pancaindrayana-tekom.blogspot.com/
    Atau Jasa SEO :
    http://apaajabisaaa.blogspot.com
    dan Mari Bermusic dengan Memory Band :
    http://memory-band1mb.blogspot.com

    BalasHapus
  10. makasih gan artikelnya menarik sekali nih! saya jadi tau komputer generasi pertama lebih besar dari yang saya bayangkan. di tunggu artikel menarik lainnya gan (y)

    BalasHapus
  11. Keren gan ingin ya,,, share info lainnya ya makasih

    BalasHapus
  12. Artikel ny bagus bangetttt.... jadi lebih tau asal usul komputer ^^ thx gan

    BalasHapus
  13. artikel yg menarik,ringkas,padat,dan berotot (Y) sukses terus gan..

    BalasHapus
  14. keren bro, berguna banget buat yg mau belajar tentang seluk-beluk komputer
    sukses bro (Y)

    BalasHapus
  15. Wah, kayaknya materinya terlalu banyak. Mungkin dibuat point-point akan lebih enak dibacanya gan. Sukses untuk artikel selanjutnya gan.

    BalasHapus
  16. Nice INFO gan :) terimakasih udh ngebantu saya cari referensi informasi (y)

    BalasHapus
  17. Bagus gan infonyaaa :) buat artikel lagi yaaa gan buat nambah ilmunyaa nanti...

    BalasHapus
  18. Nice, Lanjutkan untuk postingan lainya gan :)

    BalasHapus
  19. Keren infonya , ditunggu yg berikutnya gan . Nice~

    BalasHapus
  20. Thanks infonya. Buat nambah wawasan gan

    BalasHapus
  21. waaah thanks infonya yaa, keren nih :)

    BalasHapus
  22. makasih ya infonyaaaa, udah bantu gue bgt buat tugas ptki gue yg smt1 ini haha

    BalasHapus
  23. thanks bgt ya gan, infonya bantu gue bgt buat tentang makalah sejarah komputer hehe sering-sering posting gan haha

    BalasHapus
  24. nice informasinya gan, lebih dirapihkan lagi layout blognya hehe..

    BalasHapus
  25. bagus banget artikelnyaaa, bantu banget nih buat cewe-cewe yang mau tau lebih banyak tentang sejarah komputer hehe

    BalasHapus
  26. Thanks buat infonya ya, sangat bermanfaat! ^^

    BalasHapus
  27. wah jadi semakin banyak tau tentang sejarah-sejarah komputer, lumayan lama ya buat jadi komputer seperti sekarang hehe maksih buat infonyaaaa

    BalasHapus
  28. Mantap gan info nya, saya sebagai orang yang menggeluti dunia komputer merasa terbantu dengan postingan nya. Terus memberikan info ya gan! Salam otot!

    BalasHapus
  29. nice article..terus posting artikel yg bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  30. Nice post bang. Makasih infonya yaaa :)

    BalasHapus
  31. bermanfaat bgt artikelnya, ditunggu artikel2 selanjutnya. thx :)

    BalasHapus
  32. Nice info gan, coba dibuat lebih menarik lagi dong

    BalasHapus
  33. bermanfaat nih artikelnya, makasih mas

    BalasHapus
  34. artikelnya sangat bermanfaat gan , membantu sekali

    BalasHapus
  35. tema dan isi artikelnya cocok dan lengkap, nice info gan

    BalasHapus
  36. artikel nya lengkap banget gan, sukses terus!

    BalasHapus
  37. Good blog dude, bermanfaat thanks . Smoga artikel selanjutnya bermanfaat :)

    BalasHapus
  38. mantap gan artikelnya sangat menambah wawasan :D

    BalasHapus
  39. dari pake tabung sampai pake IC ya teknologi emang selalu berkembang

    BalasHapus
  40. nice artikel, bermanfaat banget. thanks bro. terus tulis hal yang menambah pengetahuan ya :)

    BalasHapus
  41. makasih ya kak artikelnya udah bantu saya banget buat ngerjain tugas dari guru tkj saya hehe keep posting kak :)

    BalasHapus
  42. bagus banget gan artikelnya, lain kali coba posting artikel tentang komputer generasi sekarang ya yang gunain teknologi hologram gitu hehe

    BalasHapus
  43. wah ga kebayang ya kalo komputer sekarang masih menggunakan tabung vakum, pasti setiap rumah yang punya komputer itu rumahnya sebesar istana kali ya gan haha

    BalasHapus
  44. kami dari mgmpoker88.com
    mau menawarkan anda untuk bermain
    mencoba keberuntungan main poker di mgmpoker88.com
    Langsung Saja ke https://goo.gl/UJdDa2

    Mgmpoker88. com Adalah Situs Poker Online Yang Menjamin Permainan 100% Tanpa Robot

    Buat Anda yang hobi bermain Poker Online
    Kini Telah Hadir Poker terbaik yang pernah ada yaitu MGMPOKER88

    www.mgmpoker88.com memberi Promo menarik bagi pecinta permainan kartu online :
    ◙ Minimal DEPOSIT dan Withdraw Hanya RP. 20.000.-
    ◙ Jackpot Hingga Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    ◙ Cashback Mingguan 0.5%
    ◙ Bonus Refferal 20%

    Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Saja Langsung Hubungi Costumer Service kami di :
    LiveSupport 24JAM.
    ◙ Livechat : mgmpoker88.com
    ◙ Pin BBM : D8BCE200
    ◙ Line : jeniferjen698
    ◙ Skype : MGM POKER88

    Salam Hangat,MGM POKER.
    tarima kasih!
    raja poker

    BalasHapus
  45. Here You Can Find The Best and Reliable Authorized Body. Only at MGMPOKER88.com you feel comfortable to play.
    raja poker

    dewa poker

    BalasHapus