Entri Populer

Sabtu, 04 Oktober 2014

Motivasi saya mengambil jurusan TI

Assalamualaikum wr.wb

pada postingan kali ini saya akan bercerita sedikit tentang kegiatan dan kehidupan saya dibidang akademik sekarang-sekarang ini. dalam rangka mengerjakan tugas softskill, kali ini saya akan bercerita tentang motivasi saya dalam mengambil jurusan TI, lalu kesan saya dengan kelas baru dan teman-teman baru, ilmu apa saja yang saya dapat selama kuliah 2 semester ini dan program apa yang saya kuasai dan saya ingin perdalam kedepan nantinya.

Motivasi saya mengambil jurusan TI
motivasi saya dalam mengambil jurusan TI sebenarnya hanya dilatarbelakangi karena saya sangat suka dengan hal-hal yang berbau teknologi, entah itu perkembangan komputer sampai dengan perkembangan gadget yang semakin canggih sekarang-sekarang ini. ya walaupun belajar di jurusan TI itu tidak mudah dan benar-benar menggunakan logika anda ketika anda hendak membuat suatu program. tapi saya sangat senang mempelajari hal-hal baru yang berhubungan dengan kemajuan teknologi, karena menurut saya perkembangan teknologi itu tak akan pernah lekang oleh waktu dan jaman yang ada. coba saja kita lihat dari tahun ke tahun pasti selalu ada perkembangan teknologi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, oleh karena itu saya ingin tau lebih banyak tentang perkembangan dunia teknologi ini. terlebih lagi jika saya dapat membuat penemuan atau teknologi baru yang sebelumnya belum pernah diciptakan. pasti sangat membanggakan sekali bukan, jika nama anda nanti dikenal oleh orang banyak berkat penemuan anda yang anda ciptakan sendiri. iya sebenernya itulah tujuan utama saya mengambil jurusan TI ini di Universitas Gunadarma. saya ingin sekali menemukan suatu teknologi yang baru yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga nanti mampu membuat perkembangan yang lebih pesat lagi didalam dunia teknologi ini.

kesan saya dengan kelas baru dan teman baru
emmm gimana ya, kalo ditanya soal ini tentu saya belum bisa menjawab secara detail bagaimana kesan-kesan saya dengan kelas baru dan teman baru saya saat ini. saat ini saya berada dikelas 2IA18 yang katanya sih, kelas tersebut merupakan kelas unggulan yang ada digunadarma dijurusan IT nya. tapi bagi saya sepertinya sama saja, karena tidak ada perlakuan khusus atau pembelajaran yang membedakan antara kelas ini dengan kelas-kelas yang lain. pertama-tama saya mengira kelas saya sekarang ini akan menjadi membosankan, karena biasanya anak-anak yang pintar itu selalu sibuk dengan kegiatan mereka sendiri dalam hal pelajaran dan sangat kurang dalam bersosialisasi antar sesama. tetapi selama seminggu ini saya belajar dan bermain bersama mereka, saya merasa nyaman dan baik-baik saja. ya mungkin karena saya orang yang supel dalam pergaulan, jadi saya bisa nyambung kemana saja jika bergaul dengan seseorang. sampai sejauh ini saya bersama mereka, ternyata ekspektasi saya terhadap kelas ini jauh dari yang saya bayangkan sebelumnya. iya pokoknya dikelas baru dan teman baru ini cukup menyenangkan lah buat saya sekarang-sekarang ini hehehe

ilmu yang saya dapat selama kuliah 2 semester kemarin
banyak ilmu yang sudah saya dapat selama saya belajar dua semester ini, dari pelajaran yang saya mengerti dan pelajaran yang saya tidak mengerti apa maksud dari pembelajaran tersebut. pertama saya akan menceritakan tentang ilmu algoritma dan pemrograman. kenapa saya akan membahas tentang ilmu tersebut? karena menurut saya didalam jurusan yang saya tekuni ini, pelajaran tersebut adalah pelajaran yang paling penting didalam jurusan saya ini. pelajaran yang saya dapat selama dua semester ini didalam pelajaran alpro ini bermacam-macam.

pada semester satu waktu itu, dalam pelajaran alpro saya diajarkan cara menggunakan flowchart, bahasa pemrograman java, dan konsep dasar bahasa pemrograman. saya akan menjelaskan satu persatu dari pelajaran-pelajaran tersebut. flowchart adalah diagram alur yang digunakan untuk menjelaskan sebuah algoritma atau logika program dengan menggunakan simbol-simbol yang khusus. contoh mudahnya, jika kita mau membuat sebuah mie instan pasti ada beberapa langkah cara bukan untuk membuat mie instan tersebut siap disajikan. nah urutan-urutan langkah seseorang dalam menyajikan sebuah mie instan tersebut bisa disebut dengan sebuah flowchart atau logika seseorang, yang dimana setiap orang mempunyai logika atau cara-cara yang berbeda dengan cara atau logika orang lain. oleh sebab itulah program-program yang sudah ada didunia ini pasti mempunyai logika yang berbeda walaupun tujuannya sebenernya sama. nah yang kedua adalah bahasa pemrograman java, bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin atas bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. nah yang ketiga adalah konsep dasar bahasa pemrograman, pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenaldengan bahasa pemrograman.

pada semester dua dengan mata kuliah yang sama, yaitu algoritma dan pemrograman saya mendapat pelajaran baru lagi mengenai bahasa pemrogrmana python, bahasa pemrograman Delphi, dan aljabar boolean. kembali saya akan membahas satu persatu pelajaran tersebut. nah yang pertama adalah bahasa pemrogrman python, python adalah bahasa pemrograman yang freeware atau perangkat bebas dalam arti sebenarnya, tidak ada batasan dalam penyalinannya atau mendistribusikannya. Lengkap dengan source codenya, debugger dan profiler, antarmuka yang terkandung di dalamnya untuk pelayanan antarmuka, fungsi sistem, GUI (antarmuka pengguna grafis), dan basis datanya. nah yang kedua adalah bahasa pemrograman Delphi, Delphi adalah adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan . Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi. Nah yang ketiga adalah aljabar boolean, aljabar boolean adalah Aljabar boolean merupakan aljabar yang berhubungan dengan variabel-variabel biner dan operasi-operasi logik. Variabel-variabel diperlihatkan dengan huruf-huruf alfabet, dan tiga operasi dasar dengan AND, OR dan NOT (komplemen). Fungsi boolean terdiri dari variabel-variabel biner yang menunjukkan fungsi, suatu tanda sama dengan, dan suatu ekspresi aljabar yang dibentuk dengan menggunakan variabel-variabel biner, konstanta-konstanta 0 dan 1, simbol-simbol operasi logik, dan tanda kurung. 

program yang saya kuasai dan saya ingin perdalam kedepan nantinya
kalau ditanya soal ini, saya hanya ingin memperdalam satu bahasa pemrograman yaitu adalah bahasa pemrograman java. kenapa saya ingin memperdalam bahasa pemrograman java? karena menurut saya bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang tidak begitu sulit dalam memahaminya, hanya saja banyak method-method yang perlu kita perhatikan jika kita membuat sebuah program dengan menggunakan java. karena jika ada salah satu kesalahan pada method maka program tersebut tidak akan berjalan atau running. java adalah bahasa pemrograman yang kompleks karena jika kita hendak membuat program dengan bahasa pemrograman java, sintaks program tersebut harus tersusun secara struktur dan tidak sembarangan. jika kita salah menaruh urutan sintaks pada program tersebut maka nantinya program akan kacau dalam mengeksekusinya dan menghasilkan hasil yang tidak berurutan.

0 komentar:

Posting Komentar