Sejarah Singkat tentang SEO
Mengoptimalkan
website mungkin juga melibatkan pengeditan yang panjang lebar dalam website itu
sendiri untuk lebih mencerminkan suatu konten lebih terfokus. Jika orang sedang
mencari kata kunci tertentu, maka informasi yang muncul setidaknya harus
memberi penjelasan tentang topik itu. Jadi pengeditan konten yang sebenarnya
dari situs web, pengerjaan ulang kode HTML, dan menambahkan lebih banyak
backlink untuk memberikan situs yang lebih relevan di internet dapat menambah
kredibilitas situs tersebut.
Semua ini
mulai terjadi kembali ketika mesin pencari mulai mengirim spiderbot yang
bekerja untuk menjelajahi (crawling) situs-situs baru sehingga mereka bisa
diindeks (indexing) dalam katalog pada server mesin pencari. Informasi tentang
halaman, isinya dan relevansi dengan subyek, jumlah backlink ke situs, dan
bobot untuk kata-kata tertentu dan berat keseluruhan halaman dalam hal
informasi yang berkaitan adalah semua dipertimbangkan juga.
Sejalan
dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis,
kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil
pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web
untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk
menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang
memiliki basis usaha di internet.
Sebagai pengembang situs web mulai
menangkap cara kerja mesin pencari dalam mengindeks dan mengklasifikasikan
website, mereka mulai bekerja sedikit lebih keras untuk membuat situs mereka
menjadi lebih menarik bagi mesin pencari. Istilah “search engine optimization”
mulai umum digunakan sekitar tahun 1997.
Optimasi awal bergantung pada meta
tag dan penempatan kepadatan kata kunci, dan menjanjikan beberapa keberhasilan
yang cepat untuk sementara sampai mesin pencari menentukan bahwa jenis
manipulasi tidak diizinkan karena menempatkan terlalu banyak kontrol yang salah
di tangan webmaster. Tujuan dari mesin pencari adalah untuk memberikan
informasi terkait sehubungan dengan istilah pencarian yang diperhitungkan oleh
pengunjung web, bukan untuk memiliki yang diisi kata kunci menjadi faktor utama
hasil pencarian.
Apa itu SEO?
Optimisasi
mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO)
adalah serangkaian proses yang dilakukan
secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik
kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan
mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah
menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman
pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian
memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Contoh SEO
Saya
mempunyai sebuah artikel di website rudinazar.com yaitu “cara membuat jaringan
warnet”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang
saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”,
setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu
dengan kata kunci yang saya target tersebut.
Keuntungan Melakukan SEO
Banyak
sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu
persatu, diantaranya yaitu :
1#
Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua
pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti
akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada
keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google
Planner.
2#
Meningkatkan Penjualan
Jika suatu
situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka
barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google
dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka
sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
3#
Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja
untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka
secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi
keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin
dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.
1. On Page SEO
Mendengar
kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan
asing sekali untuk para pemula di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik
mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang
ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan
lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan
sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut
dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
1. Title
Tag
2. Meta
Description
3. URL
4. Heading
(h1, h2, h3, h4)
5. Image
& Image ALt Tag
6. Link to
Site Authority
Tittle Tag
Title Tag
itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena
umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti
atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai
title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
Title Tag
dapat diganti menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast jika anda menggunakan
WordPress, untuk blogger atau lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara
mengganti title tag tersebut.
Meta Description
Meta
descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat
artikel postingan anda, agar meta description terlihat menggoda dan menarik
trafik anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO by Yoast
seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
URL
URL
singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut
suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu
sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, itu menurut wikipedia 🙂
anda dapat membacanya disini.
kalau
menurut saya simpel saja URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link
yang menuju suatu halaman situs, contoh
“http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/” jadi URL ini sangat berpengaruh
pada Search Engine Optimization.
Heading
Heading adalah
sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html.
Heading berbeda dengan tag < title >.
Html
menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >)
adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (<
h6 >) adalah yang terkecil.
Link to
Authority Site
Apa itu
Link to authority site? yaitu merupakan sebuah posting yang di dalamnya
terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai google seperti
yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.
Bagaimana
cara mengetahui situs yang dipercayai google? anda dapat melihatnya dari Page
Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa
dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).
Kemudian
bagaimana cara untuk mengetahui PR dari suatu situs? cara termudah yaitu anda
cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari browser Google Chrome dengan cara
mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome, untuk Mozila Firefox anda
dapat menggunakan seo toolbar dari seobook silahkan cek disini.
2. Off Page SEO
Off Page
Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar
situs (menggunakan backlink), “Apa itu Backlink?”
Backlink
adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain
yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search
Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya
Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai
PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.
Oleh
karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai
backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita
ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari
situs yang berPR tinggi.
Saya harap
anda mengerti mengenai Pengertian Backlink tersebut, jika masih belum mengerti,
saya berikan sedikit contoh, perhatikan gambar dibawah ini.
Bisa anda
lihat pada gambar diatas bahwa link situs http://www.rudinazar.com mendapatkan
backlink dari situs lain yang mempunyai PR 5, dan hal tersebut dapat menaikan
posisi situs tersebut di search engine.
Perbedaan Backlink dengan Link Spam
Saya
sedikit mempunyai pengalaman ketika belajar seo, waktu itu saya menulis di
sebuah forum dengan judul “ribuan backlink melayang di forum ini”, dan ternyata
banyak sekali yang Tidak Setuju dengan tulisan saya tersebut, karena link yang
sangat banyak berasal dari forum dan tidak mempunyai PR, itu merupakan Link Spam
BUKAN Backlink.
Sungguh
pengalaman yang memalukan, tapi harus gimana lagi, namanya juga belajar pasti
akan selalu menemukan kesalahan.
Dari
pengalaman tersebutlah saya paham dan mengerti mengenai perbedaan antara
Backlink dan Link Spam, perlu anda ketahui kembali yang namanya link spam tidak
hanya berasal dari forum, tetapi yang lebih banyak itu berasal dari Blog
Comment atau komentar orang di blog yang meninggalkan puluhan hingga ratusan
link yang tidak berkualitas.
lihat
gambar disini
Bisa anda
lihat pada gambar tersebut, puluhan hingga ratusan link spam yang melayang pada
komentar di blog orang.
- Banjir traffik. Kalau situs web anda berhasil nangkring di urutan pertama, atau minimal masuk halaman pertama, situs web anda berpeluang besar mendapatkan limpahan traffik.
- Biaya minimal. Tapi tetap perlu kerja dan waktu yang lumayan. Karenanya saya bilang SEO itu tidak gratis!
- Mudah dipantau. Bisa dimonitor hasil dan perkembangannya lewat berbagai cara.
- Software. Tersedia banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang anda lakukan.
- Cepat terkenal. Makin sering situs web anda berada di urutan atas search engine, makin banyak orang yang mengenal web anda.
- Layanan SEO. Kalau anda sukses meng-SEO-kan situs web anda, anda bisa ikut jalankan layanan jasa SEO.
- Tidak harus anda sendiri. Untuk melakukan SEO, tidak harus anda sendiri yang melakukannya. Anda bisa cari orang atau gunakan jasa SEO untuk meng-SEO-kan situs web anda
Kekurangan SEO
- Boros waktu. Kalau anda lakukan sendiri, jelas perlu waktu dan tenaga ekstra. Karena SEO perlu dijalankan dan dimonitor setiap hari.
- Tergantung search engine. Mengandalkan SEO berarti perkembangan situs web sangat tergantung search engine. Kalau posisi situs web anda kena “gempa bumi” alias tidak stabil posisinya di search engine, langsung penghasilan bisnis internet melorot.
- Banyak hal teknis. Kalau anda lakukan SEO sendiri, anda perlu banyak belajar hal teknis jika ingin berhasil.
- Ikuti perkembangan. Algoritma search engine terus berubah. Anda harus ikuti perkembangannya. Termasuk juga aturannya.
- Kompetisi sangat tinggi. Karena semua web melakukan SEO, maka kompetisinya tinggi. Tapi jangan takut, salah satu cara mengatasinya adalah melakukan blue ocean SEO.
Sumber :
- http://www.rudinazar.com/
- http://semseomanagement.com/apa-itu-seo/
- http://adiproject.com/jasa-seo/pengertian-fungsi-dan-tujuan-seo/
Thanks for the post and great tips..even I also think that hard work is the most important aspect of getting success.. https://s3.us-east-2.amazonaws.com/bolshol/How-to-hire-best-SEO-agency.html
BalasHapus