Entri Populer

Jumat, 04 November 2016

SEO (Search Engine Optimization)

Sejarah Singkat tentang SEO


Mengoptimalkan website mungkin juga melibatkan pengeditan yang panjang lebar dalam website itu sendiri untuk lebih mencerminkan suatu konten lebih terfokus. Jika orang sedang mencari kata kunci tertentu, maka informasi yang muncul setidaknya harus memberi penjelasan tentang topik itu. Jadi pengeditan konten yang sebenarnya dari situs web, pengerjaan ulang kode HTML, dan menambahkan lebih banyak backlink untuk memberikan situs yang lebih relevan di internet dapat menambah kredibilitas situs tersebut.

Semua ini mulai terjadi kembali ketika mesin pencari mulai mengirim spiderbot yang bekerja untuk menjelajahi (crawling) situs-situs baru sehingga mereka bisa diindeks (indexing) dalam katalog pada server mesin pencari. Informasi tentang halaman, isinya dan relevansi dengan subyek, jumlah backlink ke situs, dan bobot untuk kata-kata tertentu dan berat keseluruhan halaman dalam hal informasi yang berkaitan adalah semua dipertimbangkan juga.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Sebagai pengembang situs web mulai menangkap cara kerja mesin pencari dalam mengindeks dan mengklasifikasikan website, mereka mulai bekerja sedikit lebih keras untuk membuat situs mereka menjadi lebih menarik bagi mesin pencari. Istilah “search engine optimization” mulai umum digunakan sekitar tahun 1997.

Optimasi awal bergantung pada meta tag dan penempatan kepadatan kata kunci, dan menjanjikan beberapa keberhasilan yang cepat untuk sementara sampai mesin pencari menentukan bahwa jenis manipulasi tidak diizinkan karena menempatkan terlalu banyak kontrol yang salah di tangan webmaster. Tujuan dari mesin pencari adalah untuk memberikan informasi terkait sehubungan dengan istilah pencarian yang diperhitungkan oleh pengunjung web, bukan untuk memiliki yang diisi kata kunci menjadi faktor utama hasil pencarian.

Apa itu SEO?

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian  proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Contoh SEO

Saya mempunyai sebuah artikel di website rudinazar.com yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut.


Keuntungan Melakukan SEO

Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :

1# Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2# Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3# Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

1. On Page SEO

Mendengar kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan asing sekali untuk para pemula di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.

Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :

1. Title Tag
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
Tittle Tag

Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.

 
Title Tag dapat diganti menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast jika anda menggunakan WordPress, untuk blogger atau lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara mengganti title tag tersebut.

Meta Description

Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah saya jelaskan diatas.


URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, itu menurut wikipedia 🙂 anda dapat membacanya disini.

kalau menurut saya simpel saja URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman situs, contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/” jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.

Heading

Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag < title >.

Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.
Link to Authority Site

Apa itu Link to authority site? yaitu merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mengetahui situs yang dipercayai google? anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).

Kemudian bagaimana cara untuk mengetahui PR dari suatu situs? cara termudah yaitu anda cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome, untuk Mozila Firefox anda dapat menggunakan seo toolbar dari seobook silahkan cek disini.


2. Off Page SEO

Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink), “Apa itu Backlink?”

Backlink adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.

Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.

Oleh karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.

Saya harap anda mengerti mengenai Pengertian Backlink tersebut, jika masih belum mengerti, saya berikan sedikit contoh, perhatikan gambar dibawah ini.


Bisa anda lihat pada gambar diatas bahwa link situs http://www.rudinazar.com mendapatkan backlink dari situs lain yang mempunyai PR 5, dan hal tersebut dapat menaikan posisi situs tersebut di search engine.

Perbedaan Backlink dengan Link Spam

Saya sedikit mempunyai pengalaman ketika belajar seo, waktu itu saya menulis di sebuah forum dengan judul “ribuan backlink melayang di forum ini”, dan ternyata banyak sekali yang Tidak Setuju dengan tulisan saya tersebut, karena link yang sangat banyak berasal dari forum dan tidak mempunyai PR, itu merupakan Link Spam BUKAN Backlink.

Sungguh pengalaman yang memalukan, tapi harus gimana lagi, namanya juga belajar pasti akan selalu menemukan kesalahan.

Dari pengalaman tersebutlah saya paham dan mengerti mengenai perbedaan antara Backlink dan Link Spam, perlu anda ketahui kembali yang namanya link spam tidak hanya berasal dari forum, tetapi yang lebih banyak itu berasal dari Blog Comment atau komentar orang di blog yang meninggalkan puluhan hingga ratusan link yang tidak berkualitas.

lihat gambar disini

Bisa anda lihat pada gambar tersebut, puluhan hingga ratusan link spam yang melayang pada komentar di blog orang.

Kelebihan SEO
  • Banjir traffik. Kalau situs web anda berhasil nangkring di urutan pertama, atau minimal masuk halaman pertama, situs web anda berpeluang besar mendapatkan limpahan traffik.
  • Biaya minimal. Tapi tetap perlu kerja dan waktu yang lumayan. Karenanya saya bilang SEO itu tidak gratis!
  • Mudah dipantau. Bisa dimonitor hasil dan perkembangannya lewat berbagai cara.
  • Software. Tersedia banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang anda lakukan.
  • Cepat terkenal. Makin sering situs web anda berada di urutan atas search engine, makin banyak orang yang mengenal web anda.
  • Layanan SEO. Kalau anda sukses meng-SEO-kan situs web anda, anda bisa ikut jalankan layanan jasa SEO.
  • Tidak harus anda sendiri. Untuk melakukan SEO, tidak harus anda sendiri yang melakukannya. Anda bisa cari orang atau gunakan jasa SEO untuk meng-SEO-kan situs web anda

Kekurangan SEO
  • Boros waktu. Kalau anda lakukan sendiri, jelas perlu waktu dan tenaga ekstra. Karena SEO perlu dijalankan dan dimonitor setiap hari.
  • Tergantung search engine. Mengandalkan SEO berarti perkembangan situs web sangat tergantung search engine. Kalau posisi situs web anda kena “gempa bumi” alias tidak stabil posisinya di search engine, langsung penghasilan bisnis internet melorot.
  • Banyak hal teknis. Kalau anda lakukan SEO sendiri, anda perlu banyak belajar hal teknis jika ingin berhasil.
  • Ikuti perkembangan. Algoritma search engine terus berubah. Anda harus ikuti perkembangannya. Termasuk juga aturannya.
  • Kompetisi sangat tinggi. Karena semua web melakukan SEO, maka kompetisinya tinggi. Tapi jangan takut, salah satu cara mengatasinya adalah melakukan blue ocean SEO.
 
Sumber :
  • http://www.rudinazar.com/
  • http://semseomanagement.com/apa-itu-seo/
  • http://adiproject.com/jasa-seo/pengertian-fungsi-dan-tujuan-seo/


1 komentar:

  1. Thanks for the post and great tips..even I also think that hard work is the most important aspect of getting success.. https://s3.us-east-2.amazonaws.com/bolshol/How-to-hire-best-SEO-agency.html

    BalasHapus